Tingkatkan Kualitas Layanan, PLN Giatkan Pemeliharaan Tanpa Padam di Berbagai Wilayah Jawa Timur

oleh -14 Dilihat
oleh

Pamekasan, bukasuara.net- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur gelar pemeliharaan tanpa padam untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di berbagai wilayah Jawa Timur seperti Pamekasan, Ponorogo, Madiun, Sidoarjo, Surabaya Utara, Bojonegoro, Kediri, Pasuruan, Jombang, Jember, Banyuwangi, dan Situbondo. Khusus di Pamekasan melibatkan 134 personel dari 6 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) yang berkolaborasi dengan Dinas Kebersihan Dan Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan.

Pemeliharaan rabas meliputi 50 titik di penyulang Batu Ampar, daerah Propo. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir gangguan listrik akibat pohon tumbang atau ranting yang menyentuh kabel listrik, serta untuk menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan sekitar jaringan listrik.

Sementara untuk pekerjaan pemeliharaan jaringan melibatkan tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) yang mencakup diantaranya penggantian Fuse Cut Out (FCO), pemasangan penghalang binatang, penggantian cross arm dan arm tie serta pemeliharaan Load Break Switch (LBS). Pekerjaan ini dilakukan tanpa padam sehingga tidak mengurangi kenyamanan pelanggan dalam beraktivitas.

“Mengusung semangat kolaborasi antar unit PLN secara internal maupun eskternal bersama stakeholder, kegiatan ini merupakan langkah strategis PLN untuk meningkatkan kualitas dan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Dengan adanya pemeliharaan rutin ini, diharapkan dapat mengurangi gangguan listrik dan memastikan pasokan listrik yang lebih stabil dan aman,” papar General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo.

Agus menambahkan kegiatan pemeliharaan jaringan dan rabas ini dilakukan di berbagai wilayah Jawa Timur lainnya seperti Ponorogo, Madiun, Sidoarjo, Surabaya Utara, Bojonegoro, Kediri, Pasuruan, Jombang, Jember, Banyuwangi, dan Situbondo.

“Mengingat sebentar lagi akan memasuki musim kemarau dimana angin kencang dan rawan pohon tumbang, kegiatan rabas pohon ini merupakan langkah preventif dan dilakukan secara berkala di berbagai wilayah PLN untuk menjaga keandalan jaringan listrik,” tambah Agus.

Jarak aman antara jaringan listrik dengan pepohonan adalah 3 meter. PLN menghimbau kepada masyarakat untuk berkontribusi melaporkan pohon atau bangunan yang mendekati jaringan yang berpotensi membahayakan lainnya dapat menginformasikan ke PLN melalui PLN Mobile untuk dilakukan tindakan pengamanan.

Sholeh, salah satu warga setempat mengungkapkan perasaannya setelah dilakukan pemeliharaan jaringan dan rabas di depan rumahnya. “Terima kasih PLN sudah melakukan rabas-rabas pohon, sehingga saya tidak khawatir lagi akan terjadi pohon tumbang saat angin kencang dan semoga listrik tetap aman,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *