Peringati Hardiknas, Jatim Siap Gerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

oleh -17 Dilihat
oleh
Peringati Hardiknas, Jatim Siap Gerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar
Peringati Hardiknas, Jatim Siap Gerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

SURABAYA– Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berkomitmen menggelorakan program Merdeka Belajar. Di antaranya melalui program sekolah penggerak, guru penggerak, implementasi kurikulum merdeka, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, penyelenggaraan sekolah inklusif dll.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (2/5/2024).

“Mari kita bergerak bersama melanjutkan merdeka belajar. Para siswa belajarlah sungguh-sungguh, jangan ragu bertanya, berpikir kritis, dan teruslah berinovasi. Para guru teruslah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa dalam mengembangkan potensi siswa,” ujarnya.

Pj. Gubernur Adhy mengatakan tema Hardiknas “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” ini memberi makna penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa kini dan masa depan.

“Dan saat kita bicara tentang merdeka belajar, kita berbicara tentang kebebasan untuk mengeksplorasi, belajar, dan tumbuh tanpa batas,” tegasnya.

Ia pun memaparkan sejumlah prestasi Jawa Timur di bidang pendidikan dalam 5 tahun terakhir. Mulai dari juara umum olimpiade sains nasional, juara umum olimpiade penelitian siswa Indonesia, hingga peringkat satu untuk siswa yang diterima melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Dalam peringatan Hardiknas 2024 ini, juga ada penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, 10 tahun kepada para guru serta penghargaan kepada perwakilan siswa-siswi dan tenaga pendidik yang berprestasi tingkat nasional hingga internasional.

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jatim dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tentang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi di Jawa Timur.

Serta, penandatanganan komitmen bersama antara Dinas Pendidikan Jatim dan PENS tentang program peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan pengembangan teknologi dan sumber daya manusia pada jenjang pendidikan menengah di Provinsi Jawa Timur.

Pameran produk unggulan dari beberapa sekolah double track dan batik dari SLB, paduan suara, drum band, hingga tari kolosal dan fashion show juga memeriahkan upacara peringatan Hardiknas 2024 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *